http://cakning.com/?sp=shopp



Jln. Rantau Limau Manis Km. 14, Tabir Ilir, Merangin.
Website di Siap Padamu Negeri klik... http://goo.gl/CqIPsa
email : smp24merangin@gmail.com

Sabtu, 09 Februari 2013

PERANGKAT PEMBELAJARAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SMP 24 MERANGIN


PERANGKAT PEMBELAJARAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs.
Kelas/Semester        : VII /1

Nama Guru        : DANI HARTONO, S.Ag.
Sekolah    : SMP N 24 Merangin.

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
RAMBU-RAMBU
•    KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
•    KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
•    KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
•    Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator  Pencapaian Kompetensi idealnya berkisar 75%
•    Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
•    Dalam Menentukan KKM Dengan Mempertimbangkan Tingkat Kemampuan Rata-Rata Peserta Didik, Kompleksitas Indikator  Pencapaian Kompetensi Dan Kemampuan Sumber Daya Pendukung.
•    KKM dapat di cantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipili sekolah.

CONTOH LANGKAH-LNGKAH YANG MENGGUNAKAN KKM

KRITERIA PENERAPAN KKM

•    Kompleksitas Indikator  Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
•    Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
•    Intake siswa (masukan kemapuan siswa)

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )

Sekolah        : SMP N 24 Merangin.
Kelas            : VII (tujuh)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Semester        : 1(satu)
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    KOMPLEKSITAS    DAYA DUKUNG    INTEKS
SISWA    KKM
                GURU    SARANA/
PRASARANA       
(Al-Quran):
1. Menerapkan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah

    1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah    Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al”  Syamsiyah                    
        Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah                    
        Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah                    
         Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.   
    1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.    Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.                   
        Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.                   
        Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2.   
    1.3 Menerapkan bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
    Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.                   
        Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.3.   
KKM STANDAR KOMPETENSI  1   
(Aqidah):
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifatNya.   
2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.
    Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).                   
        Membaca ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).                   
        Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 21   
    2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.
    Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
                   
        Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).                   
        Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.2  
    2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt.
    Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.                   
        Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.                   
        Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.                   
        Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.3   
    2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.
    Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal.                   
        Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah.                   
        Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.4   
KKM STANDAR KOMPETENSI  2   
(Aqidah):
3. Memahami Asmaul Husna
    3.1  Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.    Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).           
       
        2.  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.1   
    3.2  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.
    Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.                   
        Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.                   
        Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.                   
        4.  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  3   
(Akhlak):
 4. Membiasakan perilaku terpuji

    4.1  Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.    Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya.                   
        Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya.                   
        Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya.                   
        4.  Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.1   
    4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
    Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.                   
        Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.                   
        Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.                   
        Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.2   
    4.3  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.

    Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga.                   
        Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah.

             
        3.  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  4   
(Fiqih):
5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah  (bersuci)
    5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.
    Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.                   
        Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.                   
        Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.                   
        Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.                   
        Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.                   
        6.  Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.1   
    5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.
    Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya.                   
        Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib.                   
        Menjelaskan tatacara mandi wajib.   




               
        4.  Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.2   
    5.3 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis.
    1. Menjelasakan pengertian hadas dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya.
                   
        2. Menyebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya.                   
        3. Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya.                   
        4. Menyebutkan perbedaan antara hadas dan najis.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  5   
(Fiqih):
6. Memahami tatacara shalat wajib







    6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.


    Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya.                   
        Menyebutkan syarat-syarat shalat.                   
        Menyebutkan rukun-rukun shalat.                   
        Menyebutkan sunnah-sunnah shalat.                    
        Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.1   
    6.2 Mempraktikkan shalat wajib.
    Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib).                   
        2. Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.
                  
        3. Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat.
                   
        4. Mempraktikkan shalat wajib secara benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  6   
(Fiqih):
7. Memahami tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).    7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
    Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.                   
        Menjelaskan pengertian shalat munfarid.                   
        Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid.                   
        Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.                   
        5.  Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.1   
    7.2 Mempraktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).
    1.    Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.
                   
        2.    Menjelaskan tatacara shalat munfarid.
                   
        3.    Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.
                   
        4.  Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.


                   
        4.    Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  7   
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.
    8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw.
    Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.                   
        Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.                   
        Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.                   
        Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.                   
        Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR  8.1   
    8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.    1. Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. khusus untuk umat Islam.
              
        2.  Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR  8.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  8   
KKM SEMESTER 1 (SATU)   

Catatan :
*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :
........................., ................ 20.....
Mengetahui                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



YOS FATRIA, S.Pd.                DANI HARTONO, S.Ag.
NIP : 196710051995121001                           NUPTK: 9250-7556-5620-0003






 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )

Sekolah        : SMP N 24 Merangin.
Kelas            : VII (tujuh)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Semester        : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    KOMPLEKSITAS    DAYA DUKUNG    INTEKS
SISWA    KKM
                GURU    SARANA/
PRASARANA       
(Al-Quran):
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/ tanwin  dan mim mati.    9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.
    Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin.
                   
        Menjelaskan pengertian mim mati.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 9.1.   
    9.2    Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.
    Menjelaskan macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
                   
        Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim mati.
                   
        Menjelaskan perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 9.2.   
    9.3    Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
    Mencari hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.

                   
        Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan benar.                   
        Mencari hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil.
                   
        Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang mengandung bacaan mim mati dengan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 9.3.   
KKM STANDAR KOMPETENSI  9   
(Aqidah):
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat

    10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
    Menjelaskan pengertian malaikat Allah.
                   
        Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.
                   
        Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.
                   
        4.  Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.1   
    10.2 Menjelaskan  tugas-tugas Malaikat.    Menjelaskan jumlah dan nama-nama malaikat Allah.
                   
        Menjelaskan tugas-tugas malaikat Allah.
                   
        Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  10   


(Akhlak):
11. Membiasakan perilaku terpuji
 11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
    Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya.
                   
        Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya.
                   
        Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya.
                   
        Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.1   
    11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
    Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.2   
    11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
    Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.
                   
        Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.                   
        Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  11   
(Fiqih):
12. Memahami tatacara shalat Jum’at.
    12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at.
    Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
                   
        Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
                   
        Menyebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.1   
    12.2  Mempraktikkan shalat Jum’at.    Menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
                   
        Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.
                   
        Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  12   
(Fiqih):
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
    13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qasar.
    Menjelaskan pengertian shalat jama’ dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan pengertian shalat qashar dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan shalat jama’ dan qashar.
                   
        Menyebutkan macam-macam shalat yang bisa di jama’ dan diqashar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.1   
    13.2 Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar.    Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
                   
        Menjelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.
                   
        Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar di sekolah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 13.2   
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw
    14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.


    1.    Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk menyempurnakan akhlak mulia.
                   
        Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk membangun manusia yang mulia dan bermanfaat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 14.1   
    14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat.
    Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta.
                   
        Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 14.2   
    14.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
    Menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
                   
        Menceritakan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
                   
        Meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 14.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  14   
KKM SEMESTER 2 (DUA)   


Catatan :
*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :

........................., ................ 20.....
Mengetahui                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



YOS FATRIA, S.Pd.                DANI HARTONO, S.Ag.
NIP : 196710051995121001                           NUPTK: 9250-7556-5620-0003





 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )

Sekolah        : SMP N 24 Merangin.
Kelas            : VIII (delapan)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Semester        : 1(satu)
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    KOMPLEKSITAS    DAYA DUKUNG    INTEKS
SISWA    KKM
                GURU    SARANA/
PRASARANA       
(Al-Quran):
1. Menerapkan hukum bacaan qalqalah  dan ra    1.1Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra.
    1.    Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.
                   
        2.    Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
                   
        3.    Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.
                   
        4.  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.   
    1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar.    Membaca bacaan qalqalah dengan benar.
                   
        Membaca bacaan ra tebal dengan benar.                   
        Membaca bacaan ra tipis dengan benar.
                   
        Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.

                   
        Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2.   
KKM STANDAR KOMPETENSI  1   
(Aqidah):
2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah    2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
    Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.
                   
        Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.
                   
        Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 21   
    2.2 Menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul.

    Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya.
                   
        Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.
                   
        Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.2   
    2.3 Menampilkan sikap mencintai al-Quran sebagai Kitab Allah.
    Menjelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap.
                   
        Menjelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain.
                   
        Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  2   
(Akhlak):
3. Membiasakan perilaku terpuji
    3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal.
    Menjelaskan pengertian zuhud dan menyebutkan dalilnya.
                   
        Menjelaskan pengertian tawakkal dan menyebutkan dalilnya.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.1   
    3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal.
    Menunjukkan contoh-contoh perilaku zuhud dalam kehidupan sehari-hari.
                   
        Menunjukkan contoh-contoh perilaku tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.2   
    3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.    Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan keluarga.
                   
        Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan sekolah.
                   
        Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  3   
(Akhlak):
4. Menghindari perilaku tercela
    4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
    Menjelaskan pengertian ananiah dan bahayanya.
                   
        Menjelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya.                   
        Menjelaskan pengertian hasad dan bahayanya.
                   
        Menjelaskan pengertian ghibah dan bahayanya.
                   
        Menjelaskan pengertian namimah dan bahayanya.
                   
        Menyebutkan dalil naqli terkait dengan ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.1   
    4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
    Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghadhab.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghibah.
                   
        Menyebutkan contoh-contoh perilaku namimah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.2   

    4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
    Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
                   
        Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
                   
        Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
                   
        Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  4   
(Fiqih):
5. Mengenal tatacara shalat sunnat    5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.

    Menjelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan dasar hukumnya.
                   
        Menyebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib.
                   
        Menyebutkan dalil naqli tentang shalat sunnat rawatib.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.1   

    5.2 Mempraktikkan shalat sunnat rawatib.
    Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.
                   
        Mempraktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  5   
(Fiqih):
6. Memahami macam-macam sujud
    6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. 

    Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar hukumnya.
                   
        Menyebutkan dalil naqli terkait dengan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.1   
    6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
    Menjelaskan tatacara sujud syukur.
                   
        Menjelaskan tatacara sujud sahwi.
                   
        Menjelaskan tatacara sujud tilawah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.2   
    6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
    Mempraktikkan sujud syukur di sekolah.

                   
        Mempraktikkan sujud sahwi di sekolah.
                   
        Mempraktikkan sujud tilawah di sekolah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  6   
(Fiqih):
7. Memahami tatacara puasa
    7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib.
    Menjelaskan pengertian puasa wajib dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan puasa wajib.
                   
        Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib.
                   
        Menjelaskan macam-macam puasa wajib.
                   
        Menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa.
                   
        Menjelaskan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.1   
    7.2 Mempraktikkan puasa wajib.
    Menjelaskan tatacara melaksanakan puasa wajib.
                   
        Mempraktikkan puasa wajib.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.2



   
    7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
    Menjelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar hukumnya.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.3   
    7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.    Menjelaskan tatacara puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
                   
        Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah pada waktunya.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.4   
KKM STANDAR KOMPETENSI  7   
(Fiqih):
8. Memahami zakat
    8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
    Menjelaskan pengertian zakat dan dasar hukumnya.
                   
        Menjelaskan macam-macam zakat.
                   
        Menjelaskan syarat mengeluarkan zakat.
                   
        Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat.
                   
        Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.                   
        Menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR  8.1   
    8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.
    Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.
                   
        Menjelaskan ketentuan zakat mal.
                   
        Menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR  8.2   
    8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.
    Menunjukkan dalil naqli tentang orang yang berhak meneriman zakat.
                   
        Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah.
                   
        Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat mal.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR  8.3   
    8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal    Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat fitrah di sekolah.
                   
        Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat mal di sekolah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR  8.4   
KKM STANDAR KOMPETENSI  8   
KKM SEMESTER 1 (SATU)   



Catatan :
*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :




........................., ................ 20.....
Mengetahui                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



YOS FATRIA, S.Pd.                DANI HARTONO, S.Ag.
NIP : 196710051995121001                           NUPTK: 9250-7556-5620-0003








 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )

Sekolah        : SMP N 24 Merangin.
Kelas            : VIII (delapan)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Semester        : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    KOMPLEKSITAS    DAYA DUKUNG    INTEKS
SISWA    KKM
                GURU    SARANA/
PRASARANA       
(Al-Quran):
10. Menerapkan hukum bacaaan Mad dan Waqaf    10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf.
    1.    Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
                   
        2.    Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
                   
        3.    Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.
                   
        4.  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan contoh-contohnya.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.1.   
    10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.
    1.    Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
                   
        2.  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.2.   


    10.3 Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran.
    1.    Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.
                   
        2.    Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
                   
        3.  Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.3.   
KKM STANDAR KOMPETENSI  10   
(Aqidah):
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
    11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
    1.    Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
                   
        2.    Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
                   
        3.  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.1   
    11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.
    1.    Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
                   
        2.  Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.

                  
        3.  Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaann-ya.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.2   
    11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.
    1.    Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
                   
        2.    Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam beribadah.
                   
        3.    Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam bermuamalah.
                   
        4.    Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.1   
KKM STANDAR KOMPETENSI  11   
(Akhlak):
12. Membiasakan perilaku terpuji    12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.
    1.    Menjelaskan tatacara makan yang benar.
                   
        2.    Menjelaskan tatacara minum yang benar.
                   
        3.  Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.1

  
    12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.
    1.    Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan yang salah.
                   
        2.  Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.2   
    12.3 Menampilkan contoh adab makan dan minum.
    1.    Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.                   
        2.    Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
                   
        3.  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  12   
(Akhlak):
13. Menghindari perilaku tercela
    13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.

    1.    Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
                   
        2.    Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
                   
        3.    Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.                   
        4.  Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 13.1   
    13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.
    1.  Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
           
        2.  Menjelaskan ciri-ciri munafik.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 13.2
   
    13.3 Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
    1.    Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
                   
        2.    Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.
                   
        3.  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 13.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  13   
(Fiqih):
14. Memahami hukum Islam  tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.    14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.    Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.                   
        Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
                   
        Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.

                   
        Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan haram dimakan.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 14.1   
    a.    Menghin-dari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
    1.    Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam lingkungan keluarga.
                   
        2.  Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar lingkungan keluarga.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 14.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  14   
(Taarikh dan Kebudayaan Islam):
15. Memahami sejarah dakwah Islam    15,1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.
    1.    Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
                   
        2.    Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.

                 
        3.    Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
                   
        4.  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 15.1   
    15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
    1.    Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah.
                   
        2.  Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 15.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  15   
KKM SEMESTER 2 (DUA)   

Catatan :
*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :

........................., ................ 20.....
Mengetahui                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



YOS FATRIA, S.Pd.                DANI HARTONO, S.Ag.
NIP : 196710051995121001      NUPTK: 9250-7556-5620-0003













 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )

Sekolah        : SMP N 24 Merangin.
Kelas            : IX (Sembilang)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Semester        : 1(satu)
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    KOMPLEKSITAS    DAYA DUKUNG    INTEKS
SISWA    KKM
                GURU    SARANA/
PRASARANA       
(Al-Quran dan Al-Hadits):
1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin    1.1 Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
    1.    Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
                   
        2.  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.   
    1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.
    1.    Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
                   
        2.    Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
                   
        3.  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2.   
    1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.    1.    Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
                   
        2.  Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.

                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 1.3.   
KKM STANDAR KOMPETENSI  1   
(Al-Quran dan Al-Hadits):
2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu.    a.    Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.

    1.    Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
                   
        2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 21   
    2.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.
    1.    Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
                   
        2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.2   
    2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.    1.  Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.                   
        2.  Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.



                   
        3.  Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam al-Hadits.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 2.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  2   
(Aqidah):
3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir

    3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
    1.    Menjelaskan pengertian hari akhir.
                   
        2.    Menjelaskan nama-nama hari akhir.
                   
        3.    Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari akhir.
                   
        4.    Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
                   
        5.  Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.1   
    3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
    1.    Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
                   
        2.    Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir.

                  
        3.  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.2   
    3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
    1.    Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
                   
        2.    Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
                   
        3.  Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 3.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  3   
(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji    4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.
    1.    Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan dalilnya.
                   
        2.  Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan dalilnya.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.1   
    4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
    1.    Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.
                   
        2.  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.2   
    4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
    1.    Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga.                    
        2.    Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan sekolah.
                   
        3.  Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan masyarakat.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 4.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  4   
(Fiqih):
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan    5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.
    1.    Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
                   
        2.    Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik dan benar.





                   
        3.    Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.1   
    5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.
    1.    Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
                   
        2.    Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
                   
        3.    Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
                   
        4.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan qurban.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.2   
    5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
    1.    Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
                   
        2.  Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 5.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  5   
(Fiqih):
6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah   
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
    1.    Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta dasar hukumnya.


                   
        2.    Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
                   
        3.    Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan antara keduanya.
                   
        4.    Menjelaskan rukun umrah.
                   
        5.  Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
                   
        6.  Menjelaskan larangan-larangan pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.
                   
        7.  Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji dan umrah.
                   
        8.  Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.1   
    6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.    1.    Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
                   
        2.    Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.




                   
        3.  Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 6.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  6   
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara.    7.1. Membaca dan menelaah berbagai literatur sejarah tentang masuknya Islam di Nusantara.
    1.    Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
                   
        2.    Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial.
                   
        3.  Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.1   
    7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
    1.    Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
                   
        2.    Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
                   
        3.    Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.

                  
        4.  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 7.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  7   
KKM SEMESTER 1 (SATU)   

Catatan :
*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).




........................., ................ 20.....
Mengetahui                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



YOS FATRIA, S.Pd.                DANI HARTONO, S.Ag.
NIP : 196710051995121001                           NUPTK: 9250-7556-5620-0003





 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )

Sekolah        : SMP N 24 Merangin.
Kelas            : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Semester        : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    KOMPLEKSITAS    DAYA DUKUNG    INTEKS
SISWA    KKM
                GURU    SARANA/
PRASARANA       
(Al-Quran dan Al-Hadits):
8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah    8.1 Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
    1.    Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
                   
        2.  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 8.1.   
    8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.
    1.    Mengartikan masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
                   
        2.    Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
                   
        3.  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 8.2.   
    8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
    1.  Menjelaskan makna yang terkandung dalam QS. al-Insyirah.

                   
        2. Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
                   
        3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
                   
        4.  Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 8.3.   
KKM STANDAR KOMPETENSI  8   
(Al-Quran dan Al-Hadits):
9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan.



    9.1 Membaca al-Hadits tentang kebersihan.
    1.    Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
                   
        2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 9.1
   
    9.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.
    1.    Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
                   
        2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 9.2   
    9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.


    1.  Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
                   
        2.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
                   
        3.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 9.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  9   
(Aqidah):
10. Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar


    10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.    1.    Menjelaskan pengertian beriman kepada qadha dan qadar Allah.
                   
        2.    Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar Allah.                   
        3.  Menyebutkan perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar Allah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.1   
    10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.
    1.    Menjelaskan pengertian qadha dan qadar Allah.
                   
        2.    Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar Allah.
                   
        3.    Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar Allah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.2   
    10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
    1.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
                   
        2.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami.
                   
        3.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang belum pernah kita alami.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.3


   
    10.4 Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
    1.    Menunjukkan beberapa ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
                   
        2.    Mengartikan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

                   
        3.  Menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 10.4   
KKM STANDAR KOMPETENSI  10   
(Akhlak):
11. Menghindari perilaku tercela    11.1 Menyebutkan pengertian  takabur.
    1.  Menjelaskan pengertian takabur.
                   
        2.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan takabur.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.1   
    11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 
    1.    Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap Allah Swt.
                   
        2.  Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap sesama manusia.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.2   
    11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
    1.    Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah keluarga.

                   
        2.    Menghindari perilaku takabur di lingkungan sekolah.
                   
        3.  Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah masyarakat.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 11.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  11   
(Fiqih):
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah    12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan  shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
    1.    Menjelaskan pengertian shalat sunnah berjama’ah.
                   
        2.    Menjelaskan pengertian shalat sunnah munfarid.
                   
        3.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.1   
    12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
    1.    Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah berjama’ah.
                   
        2.  Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah munfarid.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.2   
    12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
    1.  Menjelaskan tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.




                   
        2.  Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid di sekolah.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 12.3   
KKM STANDAR KOMPETENSI  12   
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.
    13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
    1.    Menjelaskan pengertian tentang seni budaya lokal.
                   
        2.    Menjelaskan pengertian tentang tradisi Islam.
                   
        3.    Menceritakan seni budaya lokal yang bernuansa Islami.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 13.2   
    13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
    1.  Memelajari tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
                   
        2.  Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara yang bernuansa Islami.
                   
    KKM  KOMPETENSI DASAR 13.2   
KKM STANDAR KOMPETENSI  13   
KKM SEMESTER 2 (DUA)   


Catatan :
*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :






........................., ................ 20.....
Mengetahui                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



YOS FATRIA, S.Pd.                DANI HARTONO, S.Ag.
NIP : 196710051995121001                           NUPTK: 9250-7556-5620-0003


0 komentar:

Poskan Komentar